Home Android 11 Aplikasi Teks Editor untuk Programming di Android

11 Aplikasi Teks Editor untuk Programming di Android

0
11 Aplikasi Teks Editor Android Terbaik untuk Programming

Di zaman serba digital ini siapa yang tidak mengenal Android? Salah satu sistem operasi smartphone yang dikembangkan oleh Google sudah menjadi kebutuhan pokok setiap orang untuk menunjang aktivitas sehari-harinya. Keunggulan Android yang membuatnya menjadi populer adalah gratis dan open source, sehingga kamu dapat bebas digunakan dan memodifikasi sistem operasi ini.

Bagi kamu ingin yang codingnya serba simple, praktis dan bisa dilakukan dimana saja, kamu bisa mencoba beberapa rekomendasi aplikasi teks editor untuk programming di Android berikut ini.

1. DroidEdit

Aplikasi teks editor ini cukup bagus untuk programming di smartphone Android, tentu saja terdapat fitur penyorotan sintaksis (syntax highlighting) untuk mempermudah aktivitas coding kamu. Banyak bahasa pemrograman yang didukung seperti Python, Javascript, PHP, C++, Java, C#, HTML, CSS, SQL, dan sebagainya.

Terdapat dua versi DroidEdit yaitu, DroidEdit Pro dan DroidEdit Free. Bedanya pada versi PRO tidak ada iklan, terdapat fitur untuk membuka dan menyimpan file secara remot melalui SFTP/FTP, Google Drive, Dropbox, Box dan Git, serta memiliki fitur menjalankan perintah eksternal dengan SSH.

2. QuickEdit

QuickEdit memiliki tampilan antarmuka yang modern dan memiliki tema gelap & terang, banyak bahasa pemrograman yang didukung seperti C, C3, C ++, Python, Swift, Java, HTML, CSS, PHP, Javascript, XML, Perl, dan sebagainya.

Terdapat fitur pratinjau file HTML, CSS dan Markdown, sehingga tidak perlu lagi bolak-balik membuka browser. Aplikasi ini juga memiliki fitur Storage Manager yang berfungsi untuk membuka dan menyimpan file secara remot melalui FTP/FTPS/SFTP, Dropbox, Google Drive dan One Drive.

QuickEdit juga memiliki fitur lain seperti auto save, auto indent dan unlimited undo.

Jika kamu sudah me-root smartphone Android, aplikasi ini bisa dijadikan sebagai teks editor kamu karena QuickEdit bisa mengakses file sistem di Android.

Terdapat dua versi aplikasi ini yaitu QuickEdit Pro dan QuickEdit Free. Keduanya memiliki fitur yang sama, perbedaannya pada versi Pro tidak ada iklan.

3. Dcoder

Tidak hanya sebatas teks editor, aplikasi Dcoder memiliki fitur tambahan IDE (Integrated Development Environment) dan compiler online yang tentunya mempermudah kegiatan coding kamu.

Fitur unggulan teks editor ini adalah compiler online-nya sehingga tidak perlu repot memasang compiler di setiap bahasa pemrograman.

Dcoder mendukung lebih dari 30 bahasa pemrograman, seperti C, C++, Java, Python, C#, PHP, Ruby, dan lain-lain. Dengan aplikasi Dcoder ini, belajar algoritma pun menjadi lebih praktis karena sudah disediakan materi pembelajarannya di aplikasi tersebut.

4. AIDE

AIDE adalah kependekan dari Android IDE yang berfungsi membuat aplikasi & game Android yang bisa dijalankan secara langsung di smartphone Android kamu.

Kamu bisa menggunakan bahasa pemrograman Java & C++ untuk membuat aplikasi atau game di aplikasi AIDE.

Tidak hanya sebatas teks editor, kamu bisa belajar cara membuat aplikasi dan game Android dengan bahasa pemrograman Java di aplikasi AIDE. Namun, rasanya pembelajaran di AIDE kurang lengkap jika tidak menggunakan AIDE versi premium.

5. AnWriter

Jika kamu seorang web developer dan ingin mengedit file HTML, Javascript, CSS, jQuery, Bootstrap dan Angular, aplikasi teks editor ini bisa dijadikan pilihan karena adanya fitur autocomplete.

Aplikasi sangat ringan dijalankan di smartphone Android dan hanya memiliki ukuran sekitar 2 MB. AnWriter juga dapat mengakses file secara remot dengan FTP, serta memiliki fitur pratinjau HTML, CSS dan Java Script.

Aplikasi AnWriter gratis dan ada iklannya, kalau kamu ingin versi tidak ada iklannya dan fitur autocomplete di bahasa pemrograman lain, silakan beli AnWriter versi Pro.

6. TurboEditor

TurboEditor adalah aplikasi teks editor gratis dan open source dengan tampilan antarmuka sederhana dan ringan. Cocok buat kamu yang suka gaya minimalis.

Aplikasi juga dilengkapi fitur syntax highlighting dengan dukungan banyak bahasa pemrograman dan fitur auto-save sehingga codinganmu tetap aman jika tiba-tiba aplikasinya tidak sengaja tertutup.

Tersedia juga cukup banyak tema dengan desain material. Aplikasi ini tersedia versi Pro dan Free.

7. Our Code Editor

Teks editor ini cukup bagus, bisa kamu coba sendiri di smartphone Android. Terdapat fitur untuk meremot file dengan SFTP dan Dropbox, serta dilengkapi fitur auto complete & banyak variasi tema.

Menurut pendapat penulis, pengalaman pengguna (UX) pada aplikasi ini agak kurang nyaman. Tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba aplikasi satu ini.

8. Quoda

Teks editor ini memiliki fitur yang tak kalah menarik dengan teks editor di atas seperti downloading URL source code, Code-completion, auto-encoding detection, brace matching, auto-indentation, line bookmarking, colour picker, HTML formatting, dan sebagainya.

Pada aplikasi Quoda memiliki cukup banyak template seperti CSS, C#, HTML, Java, PHP, Python, Visual Basic, dan XML. Selain itu, fitur code-completion di aplikasi Quoda memiliki banyak dukungan bahasa pemrograman, meliputi Perl, C, C++, Java, JavaScript, Lisp, C#, Lua, Markdown, CSS, Haskell, ActionScript, Objective-C, HTML, PHP, Python, Google Apps Script, dll.

Ada dua versi Quoda, yaitu versi Free dan Pro, pada versi Quoda Pro memiliki fitur tambahan seperti bisa menghubungkan ke FTP, akun Google Drive dan Dropbox.

9. AWD

AWD adalah kependekan dari Android Web Developer. Aplikasi teks editor sekaligus IDE ((Integrated Development Environment) ini didesain khusus untuk para web developer. Bahasa pemrograman yang didukung, meliputi HTML, CSS, Javascript, JSON dan PHP.

Fitur lainnya yang menjadi andalan yaitu auto completion, color picker, integrasi GIT, FTP, SFTP, FTPS, WebDev dan sebagainya.

Versi Free aplikasi ada iklannya dan banyak fitur terkunci seperti Integrasi GIT, auto-saving, dan lain-lain.

10. Enlightened

Aplikasi teks editor ini memiliki desain elegan dan sedernana, sama seperti teks editor pada umumnya, aplikasi ini terdapat fitur syntax highlighting dengan dukungan banyak bahasa pemrograman.

Keunggulan aplikasi Enlightened, sepenuhnya gratis dan open source, tetapi aplikasi ini masih dalam tahap pengembangan. Jadi, mungkin kamu akan menemukan banyak bug pada aplikasi ini.

11. Code Peeker Pro

Sebelumnya tersedia versi gratis aplikasi Code Peeker, tetapi sekarang sudah tidak tersedia di Google Play Store. Aplikasi ini dapat dibeli dengan harga $1, sayangnya pengembang Code Peeker tidak melanjutkan proyeknya. Jadi, mungkin saja ada masalah kompatibilitas di versi Android terbaru.

Code Peeker memiliki fitur yang auto completion dan aplikasi ini juga membantu memberikan solusi jika ada kode yang error.

Kesimpulan

Rekomendasi aplikasi teks editor Android dalam artikel ini cukup banyak, tentu saja tidak memiliki fitur selengkap teks editor di komputer.

Sudah menemukan aplikasi teks editor yang cocok untukmu? Penulis sendiri menggunakan QuickEdit dan Dcoder sebagai teks editor di smartphone Android. Bagaimana denganmu?

Sebenarnya masih banyak aplikasi teks editor Android yang belum diulas dalam artikel ini. Jika kamu punya rekomendasi aplikasi teks editor lain beri tahu di komentarya!

Nah! Itulah 11 Aplikasi Teks Editor untuk Programming di Android, terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat.

Aditya Pratama
Hobi nonton film dan anime, saat ini sedang belajar pemrograman secara autodidak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here